Angkat Sumpah Ahli Kesehatan Masyarakat dan Sosialisasi STR

Pelaksanaan sumpah profesi ahli kesehatan masyarakat dan sosialisasi STR dilaksanakan pada hari selasa tanggal 8 November 2022 di Kampus B Universitas Respati Indonesia. Sumpah profesi Ahli Kesehatan Masyarakat merupakan bagian dari persyaratan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). Tenaga kesehatan termasuk Ahli Kesehatan Masyarakat memerlukan sertifikasi, registrasi dan lisensi. Sertifikasi diperoleh dari ijazah S.K.M dan sertifikat kelulusan uji kompetensi, registrasi diperoleh setelah lulus uji kompetensi dan mengikuti sumpah profesi, sedangkan lisensi didapatkan setelah bekerja dengan memperoleh surat ijin praktek

Posbindu Kendalikan Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular

Universitas Respati Indonesia (URINDO) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Kecamatan Cipayung Jakarta Timur dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Jakata Timur, mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Penguatan Agent of Cange (AoC) Posbindu PTM”, pada Rabu (29/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua LPPM URINDO, Dr. Yeny Sulistyowati, SKM., M.Si.Med, Ketua IAKMI Jakarta Timur, Sri Widodo, SE, M. Kes, dan Kepala Puskesmas Kecamatan Cipayung, dr. Endang Sri Wahyuningsih, MKM.

Ketua IAKMI Jakarta Timur, Sri Widodo mengatakan, Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyebab utama kematian secara global. Menurut World Health Organization (2018), sebesar 71 persen kematian secara global disebabkan oleh PTM.

“Di Indonesia sendiri PTM menyumbang 73 persen penyebab kematian pada tahun 2016. Penderita Covid-19 dengan PTM seperti hipertensi, diabetes, penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan kronis, dan kanker dapat berisiko tinggi menjadi parah dan fatal atau kematian,” ungkapnya.

Selain itu, Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) merupakan kegiatan pengendalian faktor risiko PTM melalui pemberdayaan masyarakat.

Tujuannya untuk menjangkau masyarakat yang “merasa sehat” dapat dideteksi secara dini. Faktor Risiko PTM-nya sedini mungkin dan dilakukan upaya intervensi untuk memodifikasi perilaku.

“Sasaran program ini masyarakat berusia 15-59 tahun, orang yang sehat agar faktor risiko tetap dalam terjaga normal, orang dengan faktor resiko kembali menjadi normal, dan orang dengan penderita PTM agar dapat mencegah timbulnya komplikasi,” tuturnya.

Pemberdayaan masyarakat melalui Posbindu PTM dapat dilaksanakan pada tatanan khusus di Sekolah, Tempat Kerja, Jemaah Haji, dan Tempat Umum.

Selain edukasi kesehatan yang disampakan oleh Penyuluh Kesehatan Puskesmas Cipayung, Yohanes Dedio Yuan H, SKM kegiatan ini juga memberikan pemeriksaan kesehatan gratis.

Terdiri dari pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, Lingkar Perut, Tekanan Darah, Gula Darah Sewaktu, HIV dan pengukuran kesehatan mental serta Vaksinasi Dosis 1, 2, dan juga vaksin booster.

Kegiatan yang melibatkan Dosen Tetap, mahasiswa URINDO dan petugas Puskesmas Cipayung ini diharapkan URINDO sebagai contoh bagi universitas lainnya yang sudah menggerakkan kegiatan Posbindu PTM yang bekerjasama dengan Puskesmas Cipayung sebagai mitra.

“Semoga kedepannya bisa diikuti oleh universitas lainnya,” ujar Kepala Puskesmas Cipayung, dr. Endang.

Ketua Panitia Bapak Samingan SE., M.Kes juga berharap keterlibatan mahasiswa dan organisasi profesi seperti IAKMI dan Puskesmas Cipayung bisa berjalan berikutnya, dan mahasiswa menjadi tempat belajar yang aplikatif.

Edukasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Pra Sekolah

Prodi S1 Kesehatan Masyarakat dan Prodi Kebidanan FIKes Universitas Respati Indonesia mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat pada hari sabtu tanggal 11 Desember 2021 melalui zoom meeting dan live youtube dengan tema “Edukasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Pra Sekolah” yang di sampaikan oleh Prof. Dr. dr. Kusharisupeni Djokosuyono, M.Sc

Sasaran kegiatan adalah Guru dan Orang tua/wali yang memiliki anak usia Prasekolah di TK Mutiara 17 Agustus Kota Bekasi serta masyarakat umum. Kegiatan ini diikuti oleh 162 peserta, 51 peserta mengikuti kegiatan di zoom meeting dan 111 peserta di Youtube Universitas Respati Indonesia.

“Masa balita merupakan periode kritis terhadap pertumbuhan dan perkembangan” Ujar Izattul Azijah selaku Ketua Pelaksana Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan di awali dengan sambutan dari Kepala LPPM dilanjutkan sambutan dari Kepala Sekolah TK Mutiara 17 Agustus Kota Bekasi, kemudian pemberian materi mengenai edukasi pertumbuhan, perkembangan dan gizi anak prasekolah sekaligus tanya jawab yang di pandu oleh moderator. Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprize dan evaluasi kegiatan yang formulirnya telah disediakan oleh panitia.

PENULISAN KARYA ILMIAH DAN APLIKASI MENDELEY

Prodi S1 Kesehatan Masyarakat FIKes Universitas Respati Indonesia mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat pada hari kamis tanggal 8 Juli 2021 melalui zoom meeting dan live youtube dengan tema “Penulisan Karya Ilmiah dan Aplikasi Mendeley”. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Ibu Dr. Laila Ulfa, SKM,M.Kes dengan materi  manajemen referensi dengan Mendeley dan Ibu Susiana Nugraha, SKM, MN dengan materi  Strategi Menulias Karya Ilmiah  dan Penggunaan Open Journal System. Kegiatan ini diikuti oleh 646 orang.

Pelaksanaan kegiatan di awali dengan sambutan dari Bapak Sri Widodo.,SE, M.Kes Selaku Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, kemudian pemberian materi sekaligus tanya jawab yang di pandu oleh moderator. Kegiatan diakhiri dengan evaluasi kegiatan yang formulirnya telah disediakan oleh panitia.

Mahasiswa URINDO Tampil dalam Debat Internasional

22 Februari 2021, Telah berlangsung Debat Internasional yang di adakan oleh IAG STUDENT CHAPTER COORDINATORS dengan topic Euthanasia is ethical : Why prolong painful exictencea.

Kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa dari beberapa Negara, yaitu India, Jepang dan Indonesia, dewan juri pun juga berasal dari beberapa Negara.

Kristoforus Marselinus, Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat dan Anastasia Yuniarti, Mahasiswi Sarjana Kesehatan Masyarakat mewakili Indonesia dari Universitas Respati Indonesia untuk mengikuti debat tersebut.

Kegiatan debat berlangsung 12:00 PM – 2:00 PM IST.
Dalam debat ini terbagi menjadi dua peran, yaitu pro dan kontra. Anatasia Yuniarti sebagai pro, dan Kristoforus Marselinus ssbagai kontra.

“In some cases, the courts would need to decide on labelling the case as an exceptional one if they choose to do so in case the patient is not in a position to communicate. “ Anastasia Yuniarti

“Humans cannot predict death, as it occurs naturally, and no one knows when it will occur. Euthanasia is the actions carried out with a purpose to terminate the life of a person.” Kristoforus Marselinus

Dalam Kegiatan Debat Internasional ini turut hadir Prof.Dr. Tri Budi W. Rahardjo, drg, MS yang bertindak sebagai dewan juri mewakili Indonesia dari Universitas Respati Indonesia.